Survei Akreditasi Puskesmas di Rokan Hulu, 2 Puskesmas Raih Status Akreditasi Utama

Doposting Oleh : Admin Web | Tanggal Posting :17 Oktober 2019 | Dudah Dilihat : 1288 Kali Dilihat
Survei Akreditasi Puskesmas di Rokan Hulu, 2 Puskesmas Raih Status Akreditasi Utama

Puskesmas Tandun II - Status Akreditasi Utama


Puskesmas Kunto Darussalam - Status Akreditasi Utama

PKM. Kunto

Puskesmas Rokan IV Koto II - Status Akreditasi Dasar

Rokan II

Hasil kunjungan dari Tim Survei Akreditasi Puskesmas dari Kementerian Kesehatan RI sudah diterima oleh Dinas Kesehatan kabupaten Rokan Hulu.

Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Rokan Hulu, dr. Bambang Triono mengatakan, untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dasar secara berkesinambungan, maka perlu dilakukan Akreditasi Puskesmas sesuai dengan Permenkes No. 46 tahun 2015 tentang Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri dan Dokter Gigi. Atas dasar itulah, 7 Puskesmas yang telah melalui tahapan bimbingan dan pendampingan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu, mengajukan permohonan untuk mengikuti Survei Akreditasi dari Kementerian Kesehatan RI.

Adapun 7 Puskesmas tersebut adalah : Puskesmas Tandun II, Puskesmas Kunto Darussalam, Puskesmas Rokan IV Koto II, Puskesmas Rambah, Puskesmas Tambusai, Puskesmas Tambusai Utara II dan Puskesmas Rambah Hilir II.

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Rokan Hulu menambahkan, adapun tingkatan hasil dalam tahapan Survei Akreditasi ini adalah :

1. Dasar

2. Madya

3. Utama

4. Paripurna untuk tingkatan yang paling tinggi

Kadiskes Rokan Hulu mengatakan 3 dari 7 Puskesmas yang mengikuti survei akreditasi ini, hasilnya sudah diterima oleh Dinas Kesehatan Kab. Rokan Hulu melalui Surat Pemberitahuan dari Kementerian Kesehatan RI yang diterimanya, Senin, 14 Oktober 2019. Untuk hasilnya 2 Puskesmas meraih Status Akreditasi Utama dan 1 Puskesmas meraih Status Akreditasi Dasar. 2 Puskesmas yang meraih Status Akreditasi Utama adalah Puskesmas Tandun II dan Puskesmas Kunto Darussalam sementara Puskesmas Rokan IV Koto II meraih Status Akreditasi Dasar. Dan untuk 4 Puskesmas lainnya masih menunggu hasil dari Kementerian Kesehatan RI.

Harapannya, agar penilaian akreditasi ini berdampak langsung pada peningkatan mutu pelayanan kesehatan di puskesmas sehingga nantinya masyarakat akan menjadikan puskesmas sebagai pilihan utama dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap akses pelayanan kesehatan.

Terakhir, Ucapan selamat dari Kepala Dinas Kesehatan Kab. Rokan Hulu beserta staf kepada Puskesmas yang telah selesai mengikuti Akreditasi dan mendapat nilai yang memuaskan, dan untuk Puskesmas yang belum, agar lebih semangat menuju akreditasi dan mendapatkan hasil yang terbaik.

Komentar

  1. komentar facebook sedang dipersiapkan