Dinas Kesehatan Provinsi Riau bersama Dinas Kesehatan Rokan Hulu adakan kegiatan Aksi Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara

Doposting Oleh : Admin Web | Tanggal Posting :23 September 2019 | Dudah Dilihat : 105 Kali Dilihat
Dinas Kesehatan Provinsi Riau bersama Dinas Kesehatan Rokan Hulu adakan kegiatan Aksi Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara

Pemeriksaan IVA dan Sadanis di Puskesmas Tandun I (19/09/2019)


Pemeriksaan IVA dan Sadanis

Dalam rangka Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara di Kabupaten Rokan Hulu, Dinas Kesehatan Provinsi Riau bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu mengadakan kegiatan Aksi Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara pada Kamis tanggal 19 September 2019.

Kegiatan ini di pusatkan di 3 Puskesmas yang ada di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu, yaitu Puskesmas Tandun I, Puskesmas Ujung Batu dan Puskesmas Kepenuhan Hulu.

Dalam kegiatan tersebut telah dilakukan Pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam asetat) dan Sadanis (Periksa Payudara secara Klinis) sebanyak 200 orang, masing-masing 80 orang di Puskesmas Tandun I, 70 Orang di Puskesmas Ujung batu dan 50 orang di Puskesmas Kepenuhan Hulu.

Dari hasil pemeriksaan tersebut ditemukan 3 orang IVA positif, 2 orang kelainan ginekologi lainnya, dan 2 orang kelainan payudara lainnya yang telah di rujuk ke RSUD Rokan Hulu untuk mendapatkan tindakan medis selanjutnya.

dr. Bambang Triono selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu menambahkan, bahwa Kanker Payudara merupakan salah satu penyakit kanker tertinggi di Indonesia dan termasuk dalam 10 penyebab kematian terbanyak pada perempuan Indonesia, untuk mendeteksi gejala kanker payudara itu, selain dgn Sadanis (Periksa Payudara secara Klinis) yang dilakukan oleh tenaga terlatih, kita juga bisa melakukan dengan cara Sadari (Pemeriksaan Payudara Sendiri).

Komentar

  1. komentar facebook sedang dipersiapkan