Dinas Kesehatan Kab. Rokan Hulu beserta Program Inovasi Unggulan BASMI PELAKOR dan JELITA TBC , ikuti Jambore Nasional Pelayanan Kesehatan di Jakarta

Doposting Oleh : Admin Web | Tanggal Posting :05 November 2019 | Dudah Dilihat : 797 Kali Dilihat
Dinas Kesehatan Kab. Rokan Hulu beserta Program Inovasi Unggulan BASMI PELAKOR  dan  JELITA TBC ,  ikuti Jambore Nasional Pelayanan Kesehatan di Jakarta

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Rokan Hulu foto bersama dengan Dirjen Yankes Kemenkes RI


Berbekal materi "Basmi Pelakor" nan "Jelita" Team Dinas Kesehatan Kab. Rokan Hulu berangkat menghadiri Jambore Nasional Pelayanan Kesehatan Nasional Desa Sehat yang dilaksanakan di Jakarta 04 s/d 08 November 2019.

Adapun Materi "Basmi Pelakor" dan "Jelita TBC" ini adalah program-program inovasi dari 2 pkm yang ada di wilayah kerja Dinas Kesehatan Kab. Rokan Hulu.
Program inovasi "Basmi Pelakor" ini sendiri, digagas oleh Puskesmas Rokan IV Koto I yang mana arti dari Basmi Pelakor ini adalah Bersama Kami_Petugas Lacak Kesehatan Rokan IV Koto. ide awal program ini adalah mengantisipasi dari permasalahan mendasar masyarakat yang rata2 bekerja sehingga mereka tidak bisa datang utk memeriksakan kesehatan nya secara rutin ke puskesmas.
Sementara penyakit tidak menular itu tidak bisa diabaikan, krn banyak yg menyebabkan kematian. contoh penyakit tidak menular yang berakhir pada kematian antara lain DM, Hipertensi, Jantung dan Kanker.

Sedangkan "JELITA TBC", adalah sebuah program inovasi dari Puskesmas Rambah Samo I, yg mana artinya adalah "Jemput Layani Penderita TB".
Program ini lebih dikhususkan untuk pasien penderita TB. Dengan berbagai mcm alasan, banyak diantara para penderita TB yg enggan atau tidak mau memeriksakan diri ke Puskesmas, atas dasar itulah Puskesmas Rambah Samo I memunculkan Program "Jemput Layani Penderita TBC  (JELITA TBC)".
Merupakan suatu kebanggaan tersendiri bahwa, program yang diresmikan langsung oleh Bupati Rokan Hulu, H. Sukiman, Rabu, 30 Januari 2019  ini adalah adalah yg pertama kalinya di Rokan Hulu.
Dan beliau mengharapkan Program ini juga dapat memantik semangat petugas dalam menjalankan tugas yg optimal,  hal ini sejalan dgn MOTO puskesmas yaitu " Kesehatan Anda Tujuan Kami".

Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada pihak yg tdk bisa disebutkan satu persatu yang telah mendukung Launching Program Jelita TBC keliling puskesmas rambah samo I sehingga semuanya berjalan lancar.
Semoga kerja sama yg baik ini dapat berlanjut pada program2 puskesmas berikutnya.
Adapun selama beroperasinya JELITA TBC hingga periode November 2019 ini telah menunjukkan peningkatan sebanyak 20%  penemuan Kasus TB di wilayah Kerja Puskesmas Rambah Samo 1.

Kepala Dinas Kesehatan Rokan Hulu dr. Bambang Triono menambahkan, ucapan terima kasih untuk puskesmas yg tlh berhasil menciptakan program inovasi, hendaknya agar selalu terjaga konsistensi, agar program ini tetap bertahan dan berjalan sebagaimana yg diharapkan dari awal dimunculkan nya program ini.
dan beliau menambahkan, harapan nya agar program inovasi dari 2 puskesmas ini dpt memicu dan memotivasi puskesmas2 yang lainnya di wilayah kerja Dinkes Kab. Rohul agar bs menciptakan program2 unggulan lainnya demi tercapainya pelayanan kesehatan prima.

Komentar

  1. komentar facebook sedang dipersiapkan